MTs Negeri Plered berdiri sejak tanggal 25 November tahun 1995 dengan SK Menteri Agama Nomor :515 A/1995 yang sebelumnya merupakan MTs Swasta dan waktu itu tempat belajarnya masih menumpang di Madrasah Ibtidaiyah Al-Balaghoh yang berlokasi di Jl Raya Warungkandang depan Kantor Pos – Giro Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta yang berdiri sejak tanggal 17 bulan Juli Tahun 1980

MTs Swasta Plered tersebut dulunya merupakan PGA Program 4 (empat) tahun, setelah pemerintah menghapus program PGA tersebut maka sekolah ini beralih nama menjadi MTs Swasta Plered.

       Adapun yang pernah menjabat sebagai Kepala MTs Swasta Plered tersebut adalah :

  •      Mastur
  •      Muksin
  •      Akhmad Abdullah

       Dalam ide Proses Penegeriannya, MTs Plered Muncul akibat bermunculannya sekolah-sekolah swasta lainnya seperti: MTs Assalam, MTs Nurul Pata dan MTs Swasta lainnya. Ide Penegeriannya di prakarsai oleh  tokoh Masyarakat sekaligus guru pada sekolah tersebut yang bernama Ust. Akhmad Abdullah. Dari Waktu ke waktu MTs Negeri 2 Purwakarta ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan dan sebagian Alumni-alumninya telah mengabdikan diri di masyarakat, baik instansi Pemerintah maupun Swasta. Madrasah kami merupakan madrasah potensial yaitu sekolah atau madrasah yang masih relatif banyak kekurangan/kelemahan untuk memenuhi kriteria sekolah yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Pasal 35 maupun dalam PP No. 19 Tahun 2005.

       Tahun demi tahun MTs Negeri 2 Purwakarta selalu mengalami perkembangan/ kemajuan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Dari segi kualitas  diukur dari status akreditasi Madrasah (terakhir status terakreditasi tahun 2013 dengan nilai A), prestasi akademik maupun non akademik dari tingkat Kecamatan, Kabupaten, hingga tingkat Propinsi Jawa Barat. Fasilitas sarana prasarana makin lengkap sesuai standar pelayanan minimum sebagai Madrasah yang melaksanakan 8 standar mutu pendidikan.

Open chat
Hubungi Kami
Assalamualaikum, apakah ada yang bisa kami bantu?